Jumat, 27 Januari 2012

Tv DAEWOO gambar menyenpit

















Kali ini saya akan berbagi pengalaman yaitu tv daewoo model DTC-21U1 mengunakan IC cromma STV 2238D dan Program DW195bxxx dengan keluhan gambar menyempit seperti nampak pada gambar.setelah ngobrol sesaat sama yang punya tv ,pertempuran pun segera saya mulai.
Seperti biasa setelah buka casing bersihkan debu dengan kuas sambil amati bagian bagian komponen yang mencurigakan.dari hasil pengamatan gak ada satupun yang saya curigai.kecurigaan aku alihkan pada IC 1301 yaitu ic vertikal= TDA1771N,setlah penggantian ic vertikal saya coba nyalakan mak byaak ...!.tv langsung kembali normal,dan tv aku biarkan menyala.akan tetapi setelah beberapa saat tv menyala ,ladalah betapa terkejutnya aku tiba tiba gambar bergetar disertai gari garis.apane maneh ki pikirku
















coba tak ketok ketok malah tambah banyak gerisnya.coba soder ulang pada bagian yang rawan terhadap panas ,tetap aja gak ada perubahan ,ganti C306=100mf35v dan C303=1000mf25v tetap gak ada peubahan,kemudian kecurigaan terahir tertuju pada C301=470mf 35v.

















padahal kondisi C ini masih kelihatan oke (keling keling)istilahnya tetapi setelah aku ganti dengan yang baru tvpun kembali normal dan tidak bergetar dan bergaris lagi,itulah sedikit pengalaman  saya SEMOGA ADA MANFAATNYA...!

ARTIKEL TERKAIT:

1 komentar: