Kamis, 11 April 2013

Daftar kerusakan TV Samsung

1)      Samsung
model : cs 5085
gejala : gambar vertikal bagian bawah kurang disertai dengan garis-garis tak menentu.serta timbul suara melengking pada saat standby
penyebab : elco rusak
solusi : ganti c407 : 330/50V

2)      Samsung
model : sv-2050J
gejala : gambar tampak filcker dan bergetar di sertai garis-garis tebal berwarna gelap.
Penyebab : elco kering atau kembung
solusi : ganti c 708 : 220/50V, c 517 dan 518 : 100/160V
3)      Samsung
model : cs-21A630BL
gejala : gambar separuh layar saja
penyebab : d303 in4004 penghubung stage
solusi : ganti dioda ini. Diukur bagus tapi saat diberi tegangan, baru kelihatan outputnya error
4)      Samsung
model : cs-14S1V
gejala : gambar hanya separuh
penyebab : rangkaian vertikalnya,
solusi : tegangan tda8356 hilang
5)      Samsung
model : cs 21K30ML
gejala : gambar dan suara ada tapi lebar gambar dilayar cuma +/- 10 cm tdk penuh atas bawah layar disertai garis putih horizontal ditengah layar
penyebab : dikarenakan vertical tidak bekerja maksimal
solusi : setelah cek ic vertical dan komponennya ternyata bagus....akhirnya tinjau yoke lepas solderan ujung2nya lalu cek gulungan coilnya satu persatu ternyata lilitan vertcal deflection putus sebelah... Setelah kubongkar dan sambung lagi tv jadi normal
6)      Samsung
model : slimfit
gejala : mati total
penyebab : ic micom / killer
solusi : ganti ic killer la
catatan : solder ulang

7)      Samsung
model : cb 1439Z
gejala : regulator smr40000c selalu putus
penyebab : modul power kontrol rusak..
Solusi : diganti his0169b
catatan : tips: supaya lebih awet jauhkan ptc
8)      Samsung
model : lcd la 32A350J1NXXD
gejala : gambar layar bergaris-garis vertikal (dari atas ke bawah) seperti benang, 1 atau lebih garisnya
penyebab : t-con rusak
solusi : ganti lapisan panel depan dengan panel yang sudah rusak atau mati, karena t-con terpasang permanen pada lapisan tersebut biasanya masih bagus.

9)      Samsung
model : cb 1439Z
gejala : regulator smr40000c selalu putus
penyebab : modul power kontrol rusak..
Solusi : diganti his0169b
catatan : tips: supaya lebih awet jauhkan ptc
10)   Samsung
model : lcd la 32A350J1NXXD
gejala : gambar layar bergaris-garis vertikal (dari atas ke bawah) seperti benang, 1 atau lebih garisnya
penyebab : t-con rusak
solusi : ganti lapisan panel depan dengan panel yang sudah rusak atau mati, karena t-con terpasang permanen pada lapisan tersebut biasanya masih bagus.
11)   Samsung
model : 29 inchi
gejala : gambar biru pecah dan tidak menyatu
penyebab : elco gembung dan resistor putus pada rangkaian rgb (b)
solusi : ganti c 33UF/250V dan resistor 100K ohm

12)   Samsung
model : sv-2050J
gejala : gambar tampak filcker dan bergetar di sertai garis-garis tebal berwarna gelap.
Penyebab : elco kering atau kembung
solusi : ganti c 708 : 220/50V, c 517 dan 518 : 100/160V

13)   Samsung
model : cs-21A630BL
gejala : gambar separuh layar saja
penyebab : d303 in4004 penghubung stage
solusi : ganti dioda ini. Diukur bagus tapi saat diberi tegangan, baru kelihatan outputnya error
14)   Samsung
model : cs-14S1V
gejala : gambar hanya separuh
penyebab : rangkaian vertikalnya,
solusi : tegangan tda8356 hilang
15)   Samsung
model : cs 21K30ML
gejala : gambar dan suara ada tapi lebar gambar dilayar cuma +/- 10 cm tdk penuh atas bawah layar disertai garis putih horizontal ditengah layar
penyebab : dikarenakan vertical tidak bekerja maksimal
solusi : setelah cek ic vertical dan komponennya ternyata bagus....akhirnya tinjau yoke lepas solderan ujung2nya lalu cek gulungan coilnya satu persatu ternyata lilitan vertcal deflection putus sebelah... Setelah kubongkar dan sambung lagi tv jadi normal
16)   Samsung
model : slimfit
gejala : mati total
penyebab : ic micom / killer
solusi : ganti ic killer la
catatan : solder ulang
17)   Samsung
model : 21FCIRG
gejala : suara tidak ada raster ada
penyebab : ic power amp rusak
solusi : diganti dengan yang baru
18)   Samsung
model : cs-14R1
gejala : bisa hidup cuma layar vertikal tidak penuh horizontal penuh. Setelah hidup sebentar (15 second/detik)kemudian standby
penyebab : r10k atau r560
solusi : jika smua elco vertikal dah diganti tapi tetep aja coba cek resistor yoke sama resistor dari osc. Biasanya suka rusak r10k atau r560.
19)   Samsung
model : cs-14R1
gejala : suara ada osd ada gambar gelap
penyebab : bermasalah dibagian abl r423 rusak
solusi : gannti r 330K , tegangan abl normalnya antara 2-4V

20)   Samsung
model : sfdfs
gejala : mati total
penyebab : trafo fly back short
solusi : change trafo fly back

21)   Samsung
model : cs-14H4MJO-mono
gejala : matot
penyebab : str short
solusi : paling aman pakai switching power supply module
22)   Samsung
model : bio vision
gejala : suara ada gambar hanya raster putih saja
penyebab : teggangan abl tidak ada
solusi : ganti r abl nilai sekitar 120K dari b+ keabl
23)   Samsung
model : cb21mlh
gejala : gambar bergerak turun naik
penyebab : ic memory
solusi : ganti ic memory 24C16
24)   Samsung
model : flat ctv 14
gejala : vertikal terbuka 10 cm melipat dan bergaris-garis
penyebab : yoke bagian vertikal putus
solusi : ganti yoke tv ok lagi
25)   Samsung
model : cs-15K10ML
gejala : matot,power suply bunyi denging
penyebab : tr horizontal short, penebab yoke ada yang angus,,,,,
solusi : ganti tr dan yoke dengan yang bagus
catatan : tr d2499/yoke h 5,4 om ver 15 ohm
26)   Samsung
model : cs-29M21MQUXXSE
gejala : blanking
penyebab : micon pada ngepong,
solusi : solder ulang.!
27)   Samsung
model : flat 17INCI
gejala : horisontal mati terus
penyebab : yoke konslet
solusi : angkat email ll bersihkan dg thiner lem lg dg alteco 1/1
catatan : beli yoke lagi kemahalan
28)   Samsung
model : 21 flat
gejala : pertama gambar normal, kira-kira dua menit blanking hijau,
penyebab : bag rgb tegangan ada yang tidak normal
solusi : tr rgb di bersihin, kalau ada diganti,,,,
29)   Samsung
model : tda 9381 series
gejala : gambar gelap raster tipis
penyebab : capasitor abl colector tr haritdk kerja atau rsk
solusi : ganti dengan yang baru sesuai dengan nilai aslinya tegangan di capasitor yang semestina harus 2-4,5 volt
catatan : sering terjadi pada samsung pada generasi diatas zoom visian dan bodinya warna silver
30)   Samsung
model : slim fit
gejala : samsung 21Z40 mati total
penyebab : tidak adanya tegangan pada trafo output switching sehingga tv mati total
solusi : untuk model tv ini kebanyakan kerusakan tersebut disebabkan oleh putusnya resistor antara sumber tegangan ac dengan diode penyearah untuk supply ic str w6750.
31)   Samsung
model : cb-3338Z
gejala : mati,flyback bunyi.
Penyebab : transistor horizontal rusak(short col-emi)
solusi : ganti transistor hor d2125 dgn yg original,jgn ganti dgn sembarang trans hor karena akan tampak gambar geser ke kiri dan tidak bertahan lama.
32)   Samsung
model : flat_
gejala : channel pindah-pindah sendiri
penyebab : shortnya dioda zener pada pin key input
solusi : ganti dioda zener tersebut nilai 3,6V
catatan : samsung flat 14 inchi, single chip tda 9381 ps
kontributor : pujianto
33)   Samsung
model : 29XXXX
gejala : suara normal,gambar gelap separo kebawah
penyebab : ic vertikal rusak
solusi : ganti ic la78045
catatan : la78045 bisa diganti la78041
34)   Samsung
model : cs21a630bl
gejala : gambar hanya separuh ke bawah
penyebab : dioda dekat ic vertikal rusak
solusi : ganti dioda in4004
35)   Samsung
model : 21 flat
gejala : pertama gambar normal, kira-kira dua menit blanking hijau,
penyebab : bag rgb tegangan ada yang tidak normal
solusi : tr rgb di bersihin, kalau ada diganti,,,,

36)   Samsung
model : cs-29M21MQUXXSE
gejala : blanking
penyebab : micon pada ngepong,
solusi : solder ulang.!
37)   Samsung
model : flat 17INCI
gejala : horisontal mati terus
penyebab : yoke konslet
solusi : angkat email ll bersihkan dg thiner lem lg dg alteco 1/1
catatan : beli yoke lagi kemahalan




ARTIKEL TERKAIT:

25 komentar:

  1. mantaf gan sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga buat agan udah mampir di blog ndory servis

      Hapus
    2. Iya bnr...
      sy oernah ngalamin kerusakan yg seperti itu..
      referensi untuk service tv jenis lcd led dan tabung, bs di klik disini==> Pusat Service TV !!!

      Hapus
  2. klo samsung slimfit ada garis warna putih, biru, hijau, merah kenapa ya gan..?

    BalasHapus
  3. Gan, Samsung Slimfit, ada rembesan air dari kabel antena, jadi aja karatan konektor antena sama konektor yang di tv nya. Kemaren udah saya ganti dua2nya. Tapi tetap aja nggak bisa nangkap siaran, sementara dipakai buat DVD sih nggak ada masalah, mohon pencerahan Gan, makasih lebih dulu...

    BalasHapus
  4. siiipn gan.. sgt membantu

    BalasHapus
  5. 021 4098 1105 SAMSUNG SERVICE CENTER
    Ahli khusus perbaikan televisi LCD dan LED Samsung anda di tempat anda, tidak perlu repot membawa ke tempat reparasi, khusus pelayanan Samsung di rumah
    Spare part asli dan bergaransi
    menangani semua kerusakan pesawat tv Samsung anda
    khusus panggilan dan selesai di tempat anda
    daerah pelayanan panggilan meliputi
    Jakarta Bogor Depok Tanggerang Bekasi
    hari sabtu dan minggu tetap buka
    E-Service Center Samsung
    021 4098 1105
    jl.jatinegara no 3 Jakarta Timurj'

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak boleh gak kalau ic beli ic nya saja. tipe MSP 3410G B8 V3 tipe tv CS 21K30MN chasis S 9B

      Hapus
  6. Osd tampil Gambar nyala saat Screen di Flyback di putar ,,,suara ada pas di AV ? samsung CRT Model CS 2v14v

    BalasHapus
  7. gan ane mau nanya... lcd tv samsung LA22A450C1 gada warnanya kenapah yah apanya yg rusak jadi klw d nyalain tuh kaya klise poto kodak jaman dulu gada warna nya kaya cuamn bayanagan ajah gan...... awalnya sih kadang ada suara kadanag enga trus sekarang kaya gtuh gada warnanya.... tolong bantuan nya gan... kira kira apanya yg harus d ganti atau d betulin... trus kira2 haabis biaya berapah...........? terimakasih sebelumnya gan........!

    BalasHapus
    Balasan
    1. apanya gan yang d cuci pakai tiner......... trus apanya yg d solder ulang.......... makasih sebelumnya

      Hapus
  8. slm knl om, nm sy didin, mau nanya, tv samsung slimfit dlm keadaan sdg mati kn petir, sdh sy periksa B+ drop bergoyang tak stabil, tegangan yg lain jg ikut naik turun drop, horzontal out dr ic croma jg goyang, mohon pencerahan nya om, trmks.

    BalasHapus
  9. slm knal om.saya mau nanya, ada sebuah tv samsung slim 29 inch permasalahannya arus di tegangan primer berdenyut-denyut akibatnya tv tdk bisa stanbay kira2 kompnen apa om rusaknya......faizin aceh jaya trm ksh.

    BalasHapus
  10. pak samsung plet model lama 39in mati total knapayapak?

    BalasHapus
  11. Gan,minta bantuannya tv samsung ente series 5,5300 smart tv,3 menit hidup tv nya tiba2 mati terus hidup lagi terus berulang ulang,kenapa yah gan,ente minta bantuan solusinta,thanks.

    BalasHapus
  12. saya punya tv samsung model cs 21k30ml,suara ada tegangan dari plyback 200v ga ada, tegangan rgb ga ada,jadi gambar gelap,apanya yg rusak ya

    BalasHapus
  13. saya punya tv samsung model cs 21k30ml,suara ada tegangan dari plyback 200v ga ada, tegangan rgb ga ada,jadi gambar gelap,apanya yg rusak ya

    BalasHapus
  14. Bos salam kenal sy punya kendala tv samsung fled slim mati stenby bila di cabut b+ yang ke arah playback lalu di sambung kan kembali baru nyala kembali kira kira apanya yang rusak bos terima kasih atas jawabanya

    BalasHapus
  15. Bos, gambar tv saya bergetar naik turun model nya LA23D450G1MXXD tolong di bantu

    BalasHapus
  16. saya punya tv samsung model LED TIPESSG-5100GB baru beli 6 bln, tp gambarnya hilang cuma ada suaranya...mhn solusinya...,mtrswn

    BalasHapus
  17. Salam kenal kang ndory...mau nanya nih.saya ada samsung slim.dicek normal.tp display cuma ada gambar kotak" jalan naik turun.persis kaya game tetris.feeling saya ic yg kena.sbb panel sama remote disfungsi.kira" berapa duit ic-nya.ic kotak kyk buat dvd.serinya blm diliat.mohon dibantu kang.matur nuwun.

    BalasHapus
  18. Kang.... Samsung LCD 32“ saya ada garis-garis tipis seperti benang beberapa jajar arah horisontal ( dari kiri ke kanan ), semua normal kang... Hanya itu aja kang ..gmn? Solusinya kang? Mohon bantuan..... Nuhun kang

    BalasHapus
  19. Kang .... punte ah.., TV LG CF 51 F92 T - 21 inch, mati standby. Kemungkinannya kumaha nya Kang. Tos lami namung nembe ngadat yeuh. Nuhun sateuacanna.

    BalasHapus