Senin, 29 April 2013

Speker AKTIF Polytron suara Sember

Asalamualaikum wr.wb.....

       Datang seorang teman dengan membawa speker aktif merek plytron,"Suaranya gemodok kaya suara petir"begitu katanya.
Sebelum dibungkar aku coba ternyata benar suaranya gemrodok tah apa iitilahnya,tapi begitulah hehehhehe.
Speker aktif ini mengunakan regulator acematik sebagai pengganti taravo,
Awalnya kecurigaan tertuju pada driver amplifayernya eeeee ternyata salah.
Pembungkaran dilanjutkan pada panel depan bagian tone control.disitu terdapat bagian tone control,Echo,Dan  mp3.
Dari hasil penelusuran ternyata suaran gak enak tadi berasal dari rangkaian echo,karena setelah tak cabut ic echo suara gemrodok tadi hilang.
Pelacakan secara gerilya pun di mulai pada bagian ini dari resistor ,transistor,elko,cek satu persatu,
O iya pada rangkaian bagian ini menggunakan komponen jenis smd jadi agak kesulitan mengidentifikasi nilainya.dan ini daftar komponen yang sempat aku catat:

  1. IC=G1120/CT34055
  2. C409,C418,C419=104p
  3. C415,C416=473p 
  4. C413,C414=561p
  5. R411,R412=10k
  6. R413=12k
  7. R414=15k
  8. R421=2k2
  9. R422=6k7
Catatan diatas hanya sebagian saja,kembali pada permasalahan ,setelah kocek sana korek sini alhamdulilah ahirnya ketemu juga biang prmasalahanya yaitu pada C409=104p ter ukut konslet.

       Ahirya permasalahan dapat terselesaikan ,saatnya unttuk menikmati alunan suara dari politron sambil ngebul dan segelas es teh buatan anak mertua hehehehe.....
Sekitar setengah jam mendengarkan musik tiba-tiba sura berubah sember, dan beberapa saat mati nyala kembali,wah dapat bonus ni.pemerikasaan kembali dilakukan dan ternyata tegangan yang menuju ke bagian mp3.drop tinggal kira-kira 4v yang mestinya 5v.ternyata ic 7805 dah klenger langsung tak ganti dan tegangan kembali normal.suara sember dah ilang.kembali normal sampai seharian,tinggal tunggu bayaran tentunya.
Okelah kalau begitu sampai disini dulu ya tar di sambung lagi dengan masala yang lain tentunya,semoga tulisan jelek ini ada manfaatnya buat kita semua.salam persatuan buat para tukang soder yang mau peduli akan kekurangan orang lain.wassalam

ARTIKEL TERKAIT:

25 komentar:

  1. numpang nanya saya juga punya pasien spiker aktif persis yang diatas tp permasalahannya pada supply
    awalnya sih katanya kena sambar petir setelah aku cek ternyata P9NK65ZFP itu yng jebbol tp setelah aku ganti gak bisa nyala juga malah kalo di colokin ke listrik malah listriknya jeglek kira2 apa nya yang harus aku cek mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek dulu dioda2nya mungkin masih ada yang srord.atau komponen yang lain terutama pada bagian primer,sementara ganti fuse dengan 2 buah lampu dop 60wt diseri untuk menghindari listrik jeglek dan menyelamatkan komponen.

      Hapus
  2. Salam, saya butuh diagram echo yg dahsyat n cantik untuk menyanyi. Bisa berbagi nggak..?

    BalasHapus
  3. Mas minta tolong persamaan transistor P9NK65ZFP thanks

    BalasHapus
  4. trims, urek ureknya, saya sangat suka,oh ya, saya lgi suka dibagian power saple ampli politron tersebut, untuk aku alih gunakan pd ampli ocl lain. apa mas punya rangkaian yg jdi? salam hangat ,

    BalasHapus
  5. mohon bantuannya P9NK65ZFP di ganti selalu jebol kira2 apanya ya?

    BalasHapus
  6. Gan sama persis penyakitnya c409 kalo tak ganti condensator ceramic yang nilainya = ......... ?

    BalasHapus
  7. Mas bisa dilikari komponen ic 7805 dgn c409. Permasalahannya persis yg saya alami mas. Udah saya cari tp tdk jumpa. Speakernya sama kayak dgn saya.

    BalasHapus
  8. suara SEMBER ? maksudnya gmn Gan ?

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. coba baca disi gan http://politronservice.blogspot.com

    BalasHapus
  11. Sepeker actif polytron mati sebelah tr 41.-42. Diganti hidup sebentar mati lagi ganti hidup sebentar mati lagi terus sampai 10x .kira 2 apanya yang eror?

    BalasHapus
  12. Numpang tanya.?

    Kalau merakit power baru ke tone control,kira"yang mana yah jalur yang ke tone control.?

    BalasHapus
  13. Hallo gan maaf numpang nanya, saya ada masuk model seperti itu dengan kerusakan mati sebelah dan pengaturan treble berubah menjadi volume, mohon pencerahannya, terimakasih 😁

    BalasHapus
  14. Halo gan...
    Ada ngga dijual tone kontrol speaker pas 29..?

    BalasHapus
  15. permaslahan saya di mic tdk berfungsi..sdh ganti potensio ttp sj g bisa.mohon d bantu

    BalasHapus
  16. Numpang tanya, R309 dan R310 nilai tahanannya berapa ya..? pada tone control Polytron PAS 28(B)... terima kasih

    BalasHapus
  17. Numpang tanya, R309 dan R310 nilai tahanannya berapa ya..? pada tone control Polytron PAS 28(B)... terima kasih

    BalasHapus
  18. Mugkin ada yg punya tone audio polytron
    .... Lagi butuh

    BalasHapus
  19. Saya mau nanya aku punya modul tone kontrol persis gambar yg di atas tapi kalo kasih tegangan 5 volt soket usb tdak ada tegangan out led indikator tdak nyala

    BalasHapus
  20. Mau nanya tone control polytron mati kira" rusak apa nya ya?, led indikator juga mati padahal tegangan normal, apa teganganya ct soal nya tegangan pake ic 7809

    BalasHapus