Jumat, 27 Januari 2012

Cara servis lnb

-->

Kali ini dapat servisan para bola dengan keluhan tidak dapat nangkep siaran trans tv,antv atau smua stasiun tv yang ada pada satelit Telkom.sementara stasiun tv yang ada pada satelit palapa kualitas signalnya sangat lemah sekali.setelah pengukuran ternyata switch 0/22kpada LNB shot .
Sebenarnya kasus ini bisa kita atasi dengan cara mengganti LNB baru atau mengganti Switch 0/22k nya,namun karena jarak ketoko yang lumayan jauh dari tkp dan untuk menghemat biaya tentunya maka saya tawarkan untuk saya servia saja.
Ahirnya saya lepas LNB tersebut dari piriganya dan saya buka penutup lmb dengan cutter dan saya tes  lagi dengan cara :



-->





















1.       Pasan kabel penghubung RCV  ke resever digital
2.       Nyalakan resever digital
3.       Taruh multi meter pada posisi 50 v
4.       Taruh pencolok (-)multi meter pada konektor GROUND
5.       Taruh pencolok (+)Pada Lubang LNB OUT
6.       Setting Satelit PALAPA  0/22k pada Posisi OFF dan Telkom pada posisi ON
       Pada posisi PALAPA Bila jarum bergerak  berarti rusak shotd

Cara mengatasinya:
Lepaskan kedua transistor seperti pada gambar
Ganti transistor tersebut dengan yang baru Disini saya menggunakan A733
Atau ganti aja dengan transistor jenis PNP (kode A )















-->





Bila penggantian udah selesai coba tes kembali seperti cara di atas bila hasil pengetesan Multi meter tidak bergerak pada posisi palapa dan bergerak pada posisi Telkom,berarti pekerjaan selesai ,pasang penutupnya kembali lem dengan castol dan pasang lagi pada tempatnya seperti semula lalu bayaran lagi.semoga bermanfaat ,SUKSES BUAT SEMUA...!!


ARTIKEL TERKAIT:

3 komentar:

  1. jadi klo bagian horizontal nya yang rusak kira kira dibagian mana yang rusak pak,karna saya juga sering dapat rusak dibagian itu.makasih atas infonya .oh iya pak bolehkan saya copy paste sebagian blognya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo silahkan kopy paste sepuasnya....!
      Menurut pengalaman kalau bagian Horisontal yang rusak ada pada resevernya Coba cek teg pada inpur LMB nya 18 v utuk Horisontal Dan 14v untuk vertikal Cek juga elko pada teg 24v bagian regulatornya

      Hapus
  2. pak klu kerusakan ny, ga main swit ny, 22k di buat ON OFF tetep dpt sinyal ny, tu gimana cara ny ya pak,???????

    BalasHapus