Jumat, 05 Oktober 2012

TV LG ULTRA SLIM MATI STENBY

Pusing tuju keliling jika mendapati masalah tv mati stenby .itulah yang saya alami.Seharian ngoprasi tv lg ini gak ketemu penyakitnya.

Kata pemiliknya udah tiga bulan tvnya di servis sama servis lain,yang katanya rusak FBTnya dan di carikan gak ada yang jual katanya.
Permasalahan yang saya temukan setelah tv saya tes  ,lampu let nyala redup di sertai suara cit cit cit cit,seteah saya buka dan dari hasil identifikasi ternyata TR horisontalnya Shotd.dan biasanya shotdnya tr ini akibat putusnya Capasitor dumper yang menghubungkan Col dengan GND,ban ternyata benar saja (sudah menjadi penyakit cirihas tv lg kali ya)
Setela penggantian dua pemain tersebut yaitu TR hor C 6090 dan C 18 n 2000 v.tv pun coba saya nyalakan dan tv pun bias star dan gak bunyi cit cit cit lagi.
Namun baru beberapa detik tiba-tiba mak peeeeeeet…….tvnya mati lagi alias stenby
Coba tekan ch pada tv mau star tetapi selalu kembali stenby begitu seterusnya,coba ukur teg sana-sini semua normal.saya coba ganti aisi memori juga tidak membuahkan hasil.Beberapa elko yang saya curigai menjadi penyebab saya ganti ,hasilnya pun nihil.Dari hasil pengukuran komponen juga sepertinya gak ada masalah semua normal.
 Ahirnya pelacakan Saya hentikan .untuk istirahat karena aku udah cuuuaaaaaaaaaaapek dan puuuusing baget.dan waktupun udah sore.
Sambil istirahat coba coba Tanya ama mbah google,dan di salah satu blog saya temukan sebuah pencerahan dan keesokan harinya saya lanjutkan untuk melacak penyebab tv tersebut steby terus.
Dari pencerahan yang saya dapat dari mbah google semalam coba saya praktekan dan ternyata bener ,yaitu meng open kaki tengah pada Q16.
















Lalu tv saya coba nyalakan dan makbyaaaaaaaak !tv pun nyala normal dan gak stenby lagi.sampai empat jam tv tetap normal,terimakasih atas bantuanya semoga tetap sukses buat semua…………!
Barang kali ada yng mau nambag memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan seperti di atas silahkan ……….



ARTIKEL TERKAIT:

21 komentar:

  1. makasih gan atas pencerahanya,sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  2. Gan, saya ada TV LG 14".
    Ada sedikit gangguan dg TV tsb. Kalau buat AV normal saja, tapi kalau buat RF (pakai antena) gambarnya normal,tp suaranya cuma ngeses. Kalau Frekuensinya digeser pakai FINE TUNING, suaranya mau keluar, tp ganti gambarnya yang kalah, jadi hitam putih dan banyak semutnya, jelasnya freq penerimaan gambarnya meleset.
    Minta pencerahannya Gan, kenapa gambar dan suara bisa tidak sinkron seperti itu!
    Terima kasih!

    BalasHapus
  3. bang,trimakasih ,atas blog lg protek,,,3 hari sy penasaran ternyata ada di Q16 ,,,semoga atas bntnya anda di mudahkan rizqi oleh ALLAH ,,dan sehat walafiat bersama keluarga,,,sk x lagi trimakasih bang wasalam....

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya, semoga banyak rejeki,,,

    BalasHapus
  5. gan,kasusku sama nih kalo Q16 itu transistor apa ya???? soale yg ini dah ga ada Tr nya Maturnuwun sblmnya....

    BalasHapus
  6. Matur thank you..., panjang umur gan.., 2 hr tv politronku ta gebruk2

    BalasHapus
  7. Permisi,,!sy gpt pasien kasus serupa, mau start 3-5 detik terus stany lg, cb tak open teg IC suara tdk ada hasil, ganti open Teg IC Vertikal tetep nihil, cb OPen yg horisontal masih sama, elco2 regulator,elco horizontal ud diganti ttp sama, cb pake gacun masih sama,,coba lagkah trakhir open kaki transistor Q16 hasil masih nihil,,APANYA lagi ya gan???mohon pencerahannya,,,maturnuwun

    BalasHapus
  8. Mantap betul solusinya/ passs bgt

    BalasHapus
  9. gan, tv saya lg ultra slim skrg dah gak mau hidup stenbay trus...selain itu layarnya juga menyempit jd kecil...mohon bantuan nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksutnya gimana kurang faham.layar menyempit bisa jadi Ic vert.tapi coba cek teg mungkin ada yang gak setabil di regulator.bisa jadi IC 7808/7809 yang kaki 4 retak soderanya.cek juga vcc 5v.semoga membantu

      Hapus
  10. Matur thank you Gan...infonya kelar juga servisan Tv LG Ultra Slimnya....

    BalasHapus
  11. udah tak buka q16 tapi hidupnya cuma garis vertikal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek bagian horisontal.mungkin ada solderan longgar .atau c yang rusak.atau mungkin juga yoke putus

      Hapus
  12. gan mau tanya, Q16 c5343 itu persamaannya apa ya?

    BalasHapus
  13. tv lg u slim nyala normal
    tapi gak bisa di remot dan tombol panel gak fingsi

    BalasHapus
  14. Mohon maaf bertanya.
    TV lg ultra slim
    Kondisi garis horizontal.
    Ganti ic ver tetap Sama.
    Cek tegangan Kia78r09pi pin 4 apabila di open tegangan normal. Jika di close Maka tegangan drop.
    Sudah ganti Kia78r09pi 3x masih tetap Sama.
    Mohon petunjuk.
    Terima kasih

    BalasHapus
  15. Mantap jiwa, akhirnya kerjaan tv lg saya kelar. Makasih semoga panjang umur sehat selalu dan banyak rezeki. Amin

    BalasHapus