Minggu, 14 Oktober 2012

PANASONIC 2088 GOLD SOUND MATI STENBY/PROTEG

















    Awalnya tv ini hanya menyala lampu lednya aja gag mau star.namun setelah saya buka casingnya dan coba saya nyalakan sambil pasang telinga tedengar suara cees ctek.
Dari hasil pengamatan terlihat ada beberapa elko yang udah pada gundul,paling2 elkonya ni(pikirku)
Namun setelah penggatian elko tadi ternyata sama aja tetep bunyi cees ctek.
Dari pengukuran teg tidak ada masalah.
Kemudian saya memutuskan untuk mengganti
fbt nya ,dan tenyata benar saja setelah fbt saya ganti dan saya coba mak byaaaar tv pun dapat nyala normal kembali.aku pun tersenyum sambil nonton dan menikmati sebatang rukok.setelah sekitar satu jam matapun mulai ngantuk,ahirnya akupun beranjak untuk istirahat.
Tiga jam kemudian setilah bangun tidur .mau saya tutup kembali tu casingnya,namun sebelumnya saya coba nyalakan mak cees ctek.e..e..ee opone meneh iki.
Coba saya tekan power di remot tv mau star namun kembali stenby.tapi pada posisi stenby kok teg regulator gak drop ya.kalau di tekan power remotnya baru teganganya drop.
Lama kalamaan tv bias nyala,artinya pada posisi dingin tv gak mau star mesti nuggu panas dulu,dari situ aku berfikir pasti penyakitnya ada di elko yang gak beres.
Kemudian aku telusuri satu per satu elko nya mulai dari regulator sampai pada area vertical.ada kecurigaan pada kaki resistor yang seperti agak basah,lalu tak colok pake mata soder mak seesss.wah ini biang keroknya…..?




Ahirnya nyerah juga tu biang kerok yang menyebabkan tv ini proteg yaitu satu buah elko yang lokasinya c452=33mf10v yg ternyata bocor .sepintas elko ini memeng tak terlihat rusak namun setelah di lepas ,basah di bagian bawahnya.semoga sukses buat semua…..!


ARTIKEL TERKAIT:

3 komentar:

  1. kalau misal tv panasonic new gold 17" nyala normal, tapi suara mati total. speaker baik-baik saja. regulator juga baik. kenapa ya?

    BalasHapus
  2. Tv panasonic saya gambar normal cuma buram kalau sekrinnya plybek diputar untuk terang yg muncul malah garis melintang

    BalasHapus