Jumat, 05 Oktober 2012

MODIFIKASI FBT TV SHARP JADUL



   Satu pengalaman di meja kerja saya yaitu memodifikasi fbt tv sharp hi-fi sound dengan gejala yaitu tv mau star namun layar tidak menampilkan apapun alias gelap.model tvnya udahhilang.
Setelah tv saya buka dan saya amati ada sebuah travo 1A yang di pasang oleh tukang servis sebelumnya,untuk menyuply teg hiter.saya pikir tabungnya ada yang shodt antara gnd sama salah satu rgb .
namun setelah saya ukur,dari hasil pengukuran tidak ada masalah dengan tabung tersebut alias aman.
Kemudian langkah pertama yang saya lakukan yaitu melepas travo dan mengembalikan jalur hiter ke rangkaian aslinya ,lalu tak coba nyalakan
tv lho lakok hiternya malah gak nyala sama sekali (kata dalam hatiku)
Langkah berikutnya saya ukur tegangan dari regulator hasilnya normal semua,kemudian pada bagian fbt jalur hiter Cuma kelua 1v ok,pada tegangan 12 vtinggal 5v,24v  tinggal 9v semua drop .wah fbtnya klengerki,dan celakanya nomor serinya udah hilang jadi saya kesulitan cari pemain penggantinya.
Untuk mengatasi permasalahan di atas saya menggunakan FBT dengan nomor seri lain yaitu 154-177B.dengan sedikit memodifikasi jalur kakinya.yaitu sebagai berikut.

FBT aslinya     = FBT 154-177B
 1. ABL     = Pin 3
 2. 180V    = Pin 9
 3. HITER  = Pin 2
 4. GND    = Pin7
 5. AFC    = Pin 1
 6. NC      = Pin 4 (potong saja kakinya)
 7. 12V     = Pin 6
 8. 24V     = Pin 5
 9. B+       = Pin 8
10. COL    = Pin 10
      Dan saya modivikasi menjadi seperti gambar di bawah ini



      A.Susunan FBT Aslinya



      B.Susunan FBT Modifikasi


      Setelah semuanya beres cek kembali jalur jalurnya siapa tau ada yang salah,kalau semuanya udah yakin benar kemudian tinggal di coba,dan alhamdulilah tv pun bias nyala dan gambarnya pun normal,nah buat rekan rekan yang punya problem seperti ini silahkan mencoba semoga berhasil ,oke selamat bekerja semoga sukses………….!


      ARTIKEL TERKAIT:

      2 komentar:

      1. good job Sob! Mencari pemaen pengganti yang sama memang gampang2 susah, maka akan sangat penting bwt kita untuk selalu mencari celah agar tugas bisa terselesaikan. Suxes slalu bro!

        BalasHapus