Jumat, 20 Januari 2012

Tv lg mati total

Dapat servisan tv merek Lg tipe RD-20J60M dengan kerusakan mati total yaitu ditandai ketika di tekan tombol power lampu led tidak menyala sama sekali.
tv ini mengunakan Vertikal LA 78040. STR 6654.IC singe 8823 CPNG5JK3 tertulis di badanya
Langkah pertama buka casing dan aku bersihkan dulu pakai kuas tentunya ,Sabil kuamati kesemua bagian komponen sepertinya tidak ada satupun komponen yang mencurigakan .
kecurigaanku tertuju pada regulator, ternya benar dari hasil pengetesan ter ukur teg o vol di semua bagian out regulatornya,untuk menjaga kemungkina yang tidak di inginkan aku sedot dulu kaki colektor transistor horisontalnya untuk jaga-jaga tentunya.




















perhatian selanjutnya aku alihkan pada semu solderan dan kudapai ada beberapa titik solderan yang udah pada retak,kemudian ku solder kembali bagian bagian yang pada retak tadi kemudian kunyalakan lagi mak byar lampu lednya dah mau nyala .lalu ku tes semua tegangan udah kembali normal.lalu ku matikan terus aku soder lagi colector transistor yang aku sedot tadi kemudian nyalakan lagi Alhamdulilah tv pun bisa nyala norma seperti semula.ternyata hanya soderanya saja yang udah pada tua.
SEMOGA ADA MANFAATNYA...!!

ARTIKEL TERKAIT:

5 komentar: