Senin, 20 Januari 2014

Digitec Ninja tegangan melonjak tinggi

 Datang user dengan membawa tv Digitec ninja "14 dengan keluhan ketika di tonton tiba-tiba ada suara cetek-cetek dan ahirnya mati total
dan terdengar suara menderik.terlintas dalam pikiranku paling cuma TR Horisontal shord.pekerjaan pun saya mulai dan langsung menuju sasaran ternyata tepat sekali tr horisonyal shord.
namun sebelum saya ganti tr tersebut terlebih dahulu di ukur tegangan output.
Alangkah terkejutnya saya dan user yang punya tv ketika saya nyalakan tvnya tiba-tiba terdengar suara Doooooooooorrr...! dan jarum multi meterku mentok kekanan sekala 250v dc
ternyata suara mercon berasal dariC508=100mf 160v yang jebol akibat tegangan 110v melonjak naik entah berapa ratus vol yang jelas jarum Avo meter saya pada sekala 250v sempat mentok.wadoh kok biso begini menyangopo iki ,elko di ganti tetap tidak ada perubahan cek semua elko kondisinya masih normal,penelusuran beralih pada bagian aotocopler dan di cek satu persatu masa Allah ternyata R seri Pada bagian ini salah satunya ada yang putus yaitu R542=100k yang di seri dangan R503=100k dari tegangan 110v



Setelah saya ganti R542 tadi dan di tes alhamdulilah tegangan kembali normal 110v,lalu baru di pasang TR horisontalnya dan coba di nyalakan lagi alhasil eng ing eng tvnya kok cuma stenby waduh apanya lagi ni ya ,uprek punya uprek ternyara R518 putus tus tus tus....!langsung ganti dan coba lagi cetek mak byak tvne metu gambare heheheheheh....
oke sobat ndoryservis sampai disini dulu ya lain kali kita sambung lagi dengan kasus lain semoga bermanfaat untuk para pembaca salam solder....

ARTIKEL TERKAIT:

0 komentar:

Posting Komentar