Sabtu, 02 Maret 2013

Resistor ABL tv Golstar terbakar terus



Dapat garapan Tv Golstar tipe MC- 41B. Program IC01=GS8434-03A. CromaIC501=TA8690AN. Vertikal IC301 =TA8445K. Memory 02=24C02P. FBT=154-177B. Reg IC802=STR-S6707 .
Dengan gejala pertama yaitu ketika tv dinyalakan terdengar suara trek tek tek........dari sekitar Fbt ,Serta di barengi suara tembakan bunga api dari arah Cop fbt yang menuju ke Crt.
dari hasil pengamatan terlihat Satu buah resistorR424=10k dalam keadaan hangus,dan ternyata resistor tersebut resistor jalur pin Abl  fbt 154-177B. 
Saya berfikir bahwa fbt  nya yang rusak .namun setelah saya ganti hasilnya tetap sama 
Hanya saja suara tembakan bunga api dari arah Cop fbt yang menuju ke Crt Sudah tak terdengar lagi.
Resistor tetap  kebul kebul Asape resistore kobong maning 
Kemudian aku cari biang yang sebenarya. tak turut saja jalur Abl nya, Dari Hasil pemeriksaan ketangkap Satu buah dioda dalam keadaan kleger yaitu D401=4148B Alhamdulilah Ahirnya ketemu juga penyakitnya Ternyata yang membuat terpanggang nya  R424=10k karena D401 shord .

 



Setelah penggantian kedua komponen tadi tv saya nyalakan mak byak tv pun dapat nyala normal seperti sedia kala.
Akan tetapi saya jadi penasaran sama fbt yang aslinya coba saya pasang lagi .hasilnya seperti pada awal lagi.keluk keluk lagi R424 nya suara tembakan juga ter dengar lagi,wah kalau begitu Fbt memang rusak .ya udah tak ganti aja ama yang baru.masalah selesai.Oke semoga membantu



ARTIKEL TERKAIT:

4 komentar: