Sabtu, 11 Februari 2012

TV Polytron L,SIDI mati stenby


Pengalaman yang sangat melelahkan dapat servisan tv merek politron L,SIDI model PS 52UM70SM  dengan keluhan hanya lampu indikator menyala seteby tidak bisa star sama sekali tv ini menggunakan IC HBT 01-05G setelah aku buka dan aku amati teryata satu buah resistor gosong yaitu R517=180ohm.gosongnya resistor ini adalah T505=A1023 short.
Akibatnya zener D512=5,6v ikut short di ikuti T504=C2328A juga shodt.
Setelah ketiga komponen saya ganti teryata tv tetap tidak bereaksi dan ternyta ic utama yaitu IC 301=HBT 01-05G juga ikut sekarat alias modar.permasalahan masih belum juga selesai sampai disini setelah IC 301 aku ganti (ganti IC bekas yang baru gak ada yang jual)tv mau nyala dan gambar normal.
tapi setelah speker aku pasang e e e e eee suarane rek gemrodok (bahasa jawa) apanya lagi ini yo rek rek.!! owalah yo yo....!!
ternyata setelah aku telusuri IC203=TDA7442D ikut don bin modar ,kemudian setelah aku ganti suara grodok grodok nya hilang tapi suara belum juga muncul,eee... aalah ngeyel banget tv iki to yo yo!!
E E E E E ternyata IC memorynya melu error.kemudian aku buka data menu servis code 1014 dan aku ganti setinganya lalu simpa dengan tekan tombol menu diremot dan suarapun muncul ,namun setelah tv dimatikan nyalakan lagi tv gak mau langsunag star mesti tekan power di remor,ter igat pada tv lg yang pernah saya servis kemudian ic memory aku ganti degan yang baru dan seting data menu servisnya ahirnya tv gambar maupun suara normal lagi.namun masih ada satu masalah lagi yaitu sensor sentuh nya gak saya fungsikan soalya IC ATA2508 jebol dan cari di toko gak ada yang jual.biar pakai remot aja lah yang penting bisa nonton tv lagi he he he he!!
mungkin ada yang mau bantu cari IC ATA2508 monggo silahkan.semoga ada manfaatnya!!

ARTIKEL TERKAIT:

38 komentar:

  1. memang cengeng type tv polytron kayak gini bos kabel sokete yo cekak2 sering q temui layar sentuhnya error ... tanya service center pun belum ada bos ic nya...tak ada rotan akar pun tak ada ic remot pun jadi

    BalasHapus
  2. waduh barusan aku beli tuch tv lsiDi,jadi takut nih mas.punya tips gak biar rada awet soalnya aku sering pake memory card di tv buat nonton video dan stel mp.3.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurun saya IC ATA2508 ini yang jadi penyeb soalya kebanyakan tv polytron l'sidi jenis ini sering jebol IC ATA2508 di tandai dengan pada saat tv dinyalakan maka tv akan nyala kemudian mati lagi begitu seterusnya raster putih polos.kemungkinan agar supaya awet cabut aja soketnya IC ATA2508 pakai remot aja kali

      Hapus
  3. ane punya masalah sama tv ini neh gan....lampu indikator & monitor kedap-kedip doang ga mau muncul gambar....kira2 masalahnya apa ya? & kalo diservis kira2 kena brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cabut aja soketnya IC ATA2508 ,barangkali aisinya short.

      Hapus
    2. Mas, tv saya juga itu, klo buat dengerin MP3 lancar, tapi klo buat nonton video kok gak kedetect ya? udah saya coba semua format, mulai dari .avi .dat .mp4 .mpeg dan gambar .jpg, tetep gak kedetect, kira2 kenapa ya? atau ada cara khusus biar kedetect?

      Hapus
  4. bos minta setting smua data l-sidi ps52um70dong. soalnya dah berubah smua datanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembalikan aja ke parameter pabrik dulu nanti baru di rubah data pada kode lihat postingan Data menu servis tv Polytron L'sidi PS 52UM70SM

      Hapus
  5. trima kasih mas,,

    mga tambah wawasan bgi saya yg awam n ingin belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara pemasangan kabel saklar ke papan panel

      Hapus
  6. Wah kebagian juga neh TV L'sidi, baru masuk blm sempet diacak2.
    Moga2 ga secengeng kisah2 diatas yah.

    Thanks Admin, buat masukannya.

    BalasHapus
  7. kalo TV'a kena masalah begitu
    bisa kena biaya brp?
    mohon info'a om

    BalasHapus
  8. Baru baru ini tv ane kena yang begituan tuh bro,... pertama tama tv nyala normal,.. tiba2 maeooot alias layar mati, tapi suara masih ada,.. ngga lama ane matiin tuh tv, pas ane nyalain lagi trus ane pencet tombol on di remote eh malah ngga ada gambar and suaranya,... ane gebrak2 tuh belakang tv, siapa tau bisa bener lagi,...hehehehe. eh ternyata sama aja bro,..napa tuh bro ????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek semua teg,sesuai apa tidak.terutama pada teg vcc 5v . Kalau tv sempat star trus stenby,Ganti C402=1mf50v cek teg out plyback .

      Hapus
  9. Kebagian jg nih tv polytron Lsidi ps52um70sm dengan keluhan tv di on hidup sebentar kemudian mati lg,terus sy pencet ch tv hidup lg sebentar kemudian mati...begitu seterusnya,,,solusinya gmn gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti C402= 1mf 25v dengan 4.7mf50 pada bagian vertikal gan semoga membantu

      Hapus
  10. Sangat membantu sekali gan...terimakasih solusinya,,C402 udh sy ganti,& sdh mau start normal tp skrg ada mslh baru lagi gan...gbr blm muncul,cuma ada sdikit suara dan dilayar cma nyala terang dan garis vertikal aja,,dimana lg letak permasalahannya nih gan...sorry byk nanya nih maklum msh belajaran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti IC vertikal.kalau gbr hanya gris vert mungkin Condensator bagian hor mungkin ada yg putus ceh atu per satu.biasanya nilainya 330n.270n

      Hapus
  11. Siip..trimakasih gan atas petunjuknya...

    BalasHapus
  12. mas bs mnta skema polytron ps 52um70sm... atau minta data untuk.. r.804,r502,c503,c505,c221...tlg ya mas krn komponen2 diatas sdh di copot technisi lain...kl ada krm ke email sya;opicknss@gmail.com.. atau sms ke no. 0852739996667.. atau fb.,.opikbenmest@ymail.com.. ditggu...

    BalasHapus
  13. R804=200ohm, R502=2K2,c503=1000uf/35v, c505=47uf/50v,c221=22uf/50v

    BalasHapus
  14. oke ...mksh bnyk ya boss.. ats infony... ini sgt brmanfaat bg sy..trmks bnyk ini bnr2 sgt mmbntu sy..

    BalasHapus
  15. type ini agak cengeng mati stenby udah d ganti trasistor e hidum 1 hari trus mati. minta solosi dong

    BalasHapus
  16. punten ada yg tau nomor ic vertikal tv diatas ga?

    BalasHapus
  17. tv saya politron lsidi tipe ps52um70mw lampu indikatornya kedipkedip mohon solusinya

    BalasHapus
  18. Minta pencerahan buat tv polytron lsidi 52UM210 bos, tv ini utk multimedia normal tetapi buat tv hanya ada ANTV dan TRANSTV.
    Utk teganga 33v normal, kira2 apa yg bermasalah bos.
    bls ke 08975781113 atau email: rajavega080@gmail.com.
    sblmnya saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
  19. Tv sy ulslim polytron lsidi. Ada warna merah di sudut kiri bawah tv.klo dibenerin kira2 mahal gak ya??mohon infonya

    BalasHapus
  20. Mau nanya gan,kalo tv Polytron lsidi dihidupkan tabung gelap + tidak ada suara,apanya yg rusak mohon pencerahannya

    BalasHapus
  21. Mau nanya gan,kalo tv Polytron lsidi dihidupkan tabung gelap + tidak ada suara,apanya yg rusak mohon pencerahannya

    BalasHapus
  22. Mau nanya gan,kalo tv Polytron lsidi dihidupkan tabung gelap + tidak ada suara,apanya yg rusak mohon pencerahannya

    BalasHapus
  23. Maaf mau nanya solusi,indikator stenbay hidup, tv bs hidp pake remot,tp nyala layar cuma setengah ke atas trs mati lagi? Trmksh!

    BalasHapus
  24. gan mohon pencerahan type tv lsidi ga bisa masuk program tv.malah keluar di layar multi media..

    BalasHapus
  25. Gan minta data servis polytron type PS 52UM210

    BalasHapus
  26. Saya juga tivi polyton di yalain nyala matiladi minta pencerahan yapa y

    BalasHapus
  27. Ukuran r415 berapa gan..?

    BalasHapus
  28. Tv polytron Lcidi awal power mati mosfer 7n65 di psang jebol ternyata rpius L503 putus gada, ganti ak, ganti L yg kaya diode hidup tapi tegangan over..sampai 150 vol lebij Apa yg harus di vanti lagi ya. Apa zener diode. Apa IC otocuplernya mohon bantiannya oj iya zener diodenyab berapa vol ya bos

    BalasHapus