Rabu, 09 Januari 2013

TV Sharp Q vision Protek







seorang teman sekitar jan 11:00 malam dengan membawa mesin tv sharp 21"dengan kerusakan mati setenby katanya .kebetulan saya juga sedang ngerjakan tv sharp 14"dengan kerusakan mati stenby juga .namun tv yang saya kerjakan udah kelar karena hanya nyoder ulang pada beberapa bagian saja.
Kita kembali lagi pada permasalahan semula .karena hanya mesin aja yang di bawa terpaksa langkah pertama yang saya lakukan mengganti soket tabung dulu soale tabungnya kacil.
kemudian setelah semua terpasang coba saya nyalakan tv.makbyaaaar.....lampu let langsung nyala merah kemudian hijau selang beberapa detik kembali merah maning.....he...he..he. tiba'e iyo
TV ini menggunakan IC single TDA9381PS/N2 .IX3368CEN7 Vertikal AN5522.FBT FA060WJ-SA.STR G5653.EPROM 24WC04PI.SOUND AN7523.mengunakan Relay




Perburuan  pun langsung saya lakukan dengan mengecek semua tegangan hasilnya normal.
kemudian coba jumper servis mode mak byaaaaaar.tv mau menyala beberapa saat lalu mati lagi,wah ini ada yang maling teg ,sopo ki malinge
langkah selanjutnya mencari pin protek utama yang tarletak pada pin 8 ic tda 9381.yaitu J208 saya lepas dan cobanyalakan tv bisa hidup namun bila di pasang tv kembali stenby
kemudian saya telusuri jalur ini dengan  melepas satu per satu kaki dioda yang ter hubung dengan jalur ini.di antara nya  D603,D604 dan ter henti ketika sampai pada D601 proteksi teg 180 v tv lansung nyala normal.nah berarti di sekitar sini tempat persembunyianya ,dan ahirnya konangan malingnya yaitu R604 = 39k terukur putus tus tus.......



langsung saja saya ganti dan saya pasang lagi semua dioda proteksinya lalu saya nyalakan mak byaa...rrrr  .alhamdulilah tv menyala normal dan gak setenby lagi.dan langsung bayaran hehehehe.semoga bermafaat sukses buat semua....!



ARTIKEL TERKAIT:

14 komentar:

  1. Мαкαѕιн mas bro.membantu byanget .
    Dah berhasil .mudah2an sukses selalu

    BalasHapus
  2. Mantaffff,,,boz mau nanya nie tegangan 115V ada dan 5V jg ada tapi kq g mau nyala ya,

    BalasHapus
  3. Low ngatasi tegangan lost gmn maz?terukur b+133.mhon bantuannya.apa perlu penggantian str?

    BalasHapus
  4. mat kenal bang tv sharp saya tipe new q vision 20, dihidupkan nyala sekitar 4 menit gambar layar mati trus nyala kembali.begitu terus berulang ulang .r 604 udah di cek bagus diode zener uda di lepas tetap aja begitu.setelah mati nyala berulang kali lampu merah nyala .mohon bantuanya.tambahan cenderung gambar chanel nyorot yg gelap trus protek dan nyala kembali makasi sebelumnya

    BalasHapus
  5. trims mas info STR nya moga sukses selalu

    BalasHapus
  6. Yg mna yg jumper untuk service mode

    BalasHapus
  7. Saya nyari J208 kok GK ada bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung aja kedioda protec D601-d604 nanti ktemu penyakitnya

      Hapus
  8. Trims byk pencerahannya...sukses sll🙏🙏🙏

    BalasHapus
  9. Met mlm.sy dpt serpisan kondisi protek.titik protek sudh di tmukan.D607 sy open start normal.tetapi klo sy konek lg balik protek.akan tetapi d607 sudh sy ganti tetap protek stanby lg.terima kash atas saran dan inpo krja sama yg baik.

    BalasHapus